Bagaimana hukum menjawab bersin ketika dalam keadaan sholat?

M. Yasin Alawi | Ahad 24 Januari 2021 22:30 WIB

       mungkin kita sudah tahu, bahwa sunah hukumnya jika kita bersin lalu mengucapkan hamdalah, dan orang yang menjawab bersin kita dengan ucapan   يرحمك الله  (yarhamukalloh) . pun mendapatkan pahala sunah .

Saya yakin, itu sudah seringkali terjadi bahkan hampir setiap  hari . tapi pernah gak sih ? kita berfikir atau bahkan mengalaminya sendiri. Tiba-tiba bersin, Ketika sedang melaksanakan sholat . ditahan gak kuat, dilepas takut batal sholatnya.

Jadi bingung kan ? sudah pasti kita tidak bisa menahan dan terpaksa melepaskannya atau bersin .

Nah, apakah hukum membaca hamdalah tetap sunah ? apakah sholatnya batal ? dan bagaimana dengan orang disamping kita yang menjawab bersin karena mendengar kita mengucapkan hamdalah.

Alhamdulillah, kegelisahan anda terjawab oleh guru kita. Yaitu Al-Habib Abdurrahman bin Muhammad bin Husain bin ‘Umar Al-Masyhur dalam karangannya yaitu kitab Bughyatul Mustarsyidin, tepatnya pada halaman 45, barisan ke 4 dari atas.

Terdapat lafadz :

عطس فى الصلاة سن له ان يحمد سرا ولو فى اثناءالفاتحة لكنها تنقطع …..الخ

Hukumnya tetap sunah, membaca hamdalah setelah bersin, meskipun didalam sholat. Bahkan sedang membaca alfatihah pun (ditengah surat alfatihah) tetap sunah. Asalkan bacaan hamdalah nya terdengar oleh diri sendiri dan harus memulai Kembali bacaan surat al-fatihah nya, karna surat alfatihah tidak boleh terpotong oleh kalimah yang lain.

Untuk orang yang mendengarkan kita membaca hamdalah, hukumnya haram menjawab dengan ucapan يرحمك الله  .

Sekian, yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudah anda tidak puas dengan jawaban kami dan bisa bertanya Kembali untuk membebaskan kegelisahan anda.

Terimakasih.


			

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *